Selasa, 14 Mei 2013



PELATIHAN IBU HAMIL ; “KELAS IBU HAMIL”
(Peningkatan Kapasitas & Pemberdayaan Ibu-ibu Hamil)
Oleh : FK PNPM GENERASI KECAMATAN LEMBEYAN KABUPATEN MAGETAN
                                              
 

 LATAR BELAKANG
Masa hamil merupakan masa yang sangat menyenangkan dan mendebarkan bagi setiap kaum hawa. Bagaimana tidak, dalam masa ini para wanita memiliki tugas dan tanggung jawab berat dari sang maha pencipta untuk ‘menjaga’ dan mempersiapkan dengan matang “calon penerus generasi masa kini”. Para ibu hamil terkadang merasa khawatir, bingung, dan “takut”.
Secara psikologi, ibu hamil membutuhkan tambahan pengetahuan sebagai motivasi agar lebih percaya diri dan dapat beraktifitas dengan leluasu sesuai dengan tumbuh kembang janin didalam tubuh ibu hamil tersebut. Banyak ketidaktahuan yang harus diminimalkan agar para ibu hamil dalam menjalani kehidupanya dapat memperkirakan hal-hal apa yang dapat boleh serta tidak boleh dilakukan.

Permasalahan yang selama ini muncul di lapangan adalah banyaknya permasalahan ketidak tahuan ibu hamil didesa tentang aktifitas serta pola hidup yang seharusnya/tidak seharusnya dilakukan. Image sosial kultur serta norma juga merupakan hal lain yang dapat dijadikan pertimbangan terkait aktivitas Ibu hamil sehari-hari.
Koordinasi dengan dinas kesehatan (puskesmas) dan penanggung jawab kesehatan desa (Bidan) menunjukan respon positiv dari gagasan masyarakat desa untuk mendapatkan tambahan pengetahuan terkait pelatihan ibu hamil “kelas ibu hamil”.

IBU HAMIL JUGA “BISA AKTIV”


“There is no limmit to study” mungkin itu adalah ungkapan yang pas untuk memberikan semangat kepada ibu hamil agar tidak pernah menyerah agar terus mau untuk belajar.
Bila selama ini kebanyakan para ibu hamil cenderung pasive dalam beraktifitas, mungkin hal ini bisa dimaklumi dikarenakan minimnya pengetahuan terkait masa kembang janin dalam kandunganya. Saat pelatihan dilakukan (16 April 2013) para ibu aktive mengikuti pelatihan, mereka sangat senang dengan adanya masukan tambahan pengetahuan yang diberikan oleh pemateri Ibu Suprapti (koordinator bidan) dari puskesmas lembeyan  serta ibu Kusmindarwati selaku bidan desa kedung panji. selain didesa kedungpanji, Didesa nguri juga terdapat pelatihan  yang tak kalah seru (20 April 2013), dimana PK (pelaksana kegiatan) bu etik yang kocak serta bidan Novy Indarwati dengan bahasanya yang sederhana serta mudah dicerna menjadikan pelatihan terasa hidup dan dapat memberikan inspirasi serta tambahan pengetahuan bagi para calon ibu.
Joke sederhana seperti “kalau lagi hamil tidak boleh yang tidak boleh adalah ; main sepakbola dan main basket kalau baca buku boleh atau boleh bu..”.  Suasana yang familiar tersebut menjadikan para ibu hamil dapat menerima materi dengan sangat mudah. terlebih masa hamil berkaitan erat dengan psikologi karakter yang akan mempengaruhi tumbuh kembang janin didalam tubuh ibu hamil. Dengan terus meningkatkan diri dan mau menerima hal baru yang baik tentunya dapat menjadikan tambahan pengetahuan bagi ibu hamil terlebih menjadikanan janinya menjadi sehat. Dalam pelatihan ini para ibu hamil mendapatkan tambahan pengetahuan tentang pola makan yang sehat dan teratur, pola hidup bersih dan sehat serta pola fikir yang menjadikan ibu hamil tidak meras stress merupakan hal penting bagi kesehatan keduanya; ibu hamil dan janinya. Selain juga mendapatkan tambahan pengetahuan tentang pentingnya managemen laktasi, asi eksklusif dan IMD (inisiasi menyusui dini).

DUKUNGAN KELUARGA
Saat kegiatan pelatihan berlangsung ada hal menarik dimana para ibu hamil diantar oleh para suami “SIAGA”. mereka menunggu dengan sabar dan dan mengantarkan pulang dengan roma ceria. Suatu dukungan psikologi yang sangat baik bagi ibu hamil. Ini merupakan salah satu bukti dukungan kuat sang suami terhadap istrinya. Meskipun ada beberapa ibu hamil yang lokasinya jauh dari tempat pelatihan naum mereka dengan antusias datang. Ada kata-kata unik yang terungkap “pelatihan juga menjadi ajang “REUNI” bagi teman, sahabat dan keluarga.

PRAKTEK SENAM UNTUK IBU HAMIL
Senam ibu hamil menjadi salah satu favorit kegiatan yang sangat diminati para peserta. Saat kegiatan senam ibu hamil berlangsung hanya para ibu yang ada di kelas. Dengan gerakan yang sederhana dan mudah dilaksanakan menjadikan suasana mejadi semakin menarik. Kesehatan ibu akan mempengaruhi kesehatan calon bayi tentunya. Ibu hamil yang memperhatikan kesehatanya merupakan ibu yang sangat sayang terhadap calon bayinya. Menjaga dan berusaha memberikan yang terbaik merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh sang ibu.

SARANA UNTUK PERIKSA HAMIL, PEMBERIAN PIL Fe DAN KONSULTASI GIZI IBU HAMIL
Dalam kesempataan yang sama juga dilakukan kegiatan periksa ibu hamil, Pemberian Pil Fe serta konsultasi gizi. Ibarat “Sekali Merangkuh Dayung Dua Tiga Pulau Telampaui”. Kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan pelatihan ibu hamil ini menajdikan satu kegiataan terkoordinasi dengan baik. Dengan semakin dekat dengan masyarakat tentunya paradigma dan image   yang kurang baik dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan sama sekali. Ada beberapa  hal menarik dari hal ini, sesuatu yang selama ini dianggap sulit sebenarnya dapat dapat disederhanakan dengan terus mengevaluasi kekurangan yang selama ini muncul untuk dicariakan solusi bersama demi hari depan yang lebih baik.

DAMPAK POSITIVE
Merubah paradigma membutuhkan suatu pendekatan pengetahuan dan komunikasi aktive untuk menjadikan hal sulit menjadi sederhana. Dan dengan semakin fahamnya para calon ibu terkait tumbuh kembang janin akan meminimalisir dan menekan adanya bayi gizi kurang atau gizi buruk kedepan. 

“Don’t be afraid to take a big step. You can’t cross a chasm in two small jumps”
Jangan takut untuk mengambil langkah besar. Anda tidak dapat menyeberangi jurang
dalam dua lompatan kecil. (David Lloyd George)




Ditulis, berdasarkan Pengalaman Lapangan FK Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan :
Nama                     : SLAMET MARTONO
E-Mail                    : slametmartono@rocketmail.com

Tidak ada komentar: